 |
Program Kelas Reguler ~ S1, D3, S2 (waktu kuliah fleksibel dan dapat dipilih ➜ pagi atau sore / malam) |
Lihat juga : » Program Studi Lainnya| Nama Program Studi | : | Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (S-1) | | Rumpun Ilmu | : | Ilmu Pendidikan | | Konsentrasi / Kekhususan / Peminatan | : | ◐ Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) | | Gelar / Sebutan Lulusan | : | Sarjana Pendidikan | | Singkatan Gelar sesuai EYD | : | S.Pd. | | Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat / umum) | : | SPd. | | PTS Penyelenggara (silakan klik) | : | ◐ UMHT - Universitas MH Thamrin, Jakarta ◐ UNDARIS - Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI ◐ UNISA - Universitas Islam Al-Ihya, Kuningan ◐ USM Indonesia - Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan ◐ UM Palangkaraya - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya ◐ UNUGHA - Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali ◐ UNU KALBAR - Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat ◐ UBUDIYAH - Universitas Ubudiyah Indonesia ◐ UNTARA - Universitas Tanggerang Raya ◐ Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon | | Beban Studi dan Masa Studi : | Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) | Beban Studi = 144 - 152 sks | Masa Studi = 8 semester | Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) | Beban Studi = 40 - 46 sks (bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya) | Masa Studi = 3 semester | Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) | Beban Studi = dihitung dari sisa sks | Masa Studi = Dihitung sisa sks |
| | Kurikulum / Mata Kuliah | : | Lihat di bawah ini | | Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja / Karir Lulusan) | : | Lihat di bawah ini |
Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).
Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.
Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.
Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.
| Prospektus S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kurikulum Program Studi S-1 PGSD diharapkan mampu mencetak profil lulusan yang mempunyai kemampuan sebagai berikut ini : - Bertaqwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mengaktuali-sasikan perikemanusiaan dan kebangsaan.
- Mengenal secara mendalam peserta didik SD yang hendak dilayani.
- Menguasai bidang ilmu sumber bahan ajar mata pelajaran di SD.
- Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
- Mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.
- Bertanggung jawab dan beretika profesional pendidik.
- Berperan serta dalam suatu tim yang bersifat multidisiplin.
- Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang urgensi pendidikan.
A. KOMPETENSI UTAMA
a. Kemampuan untuk bertaqwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, __serta mengaktuasisasikan perikemanusiaan dan kebangsaan. - Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Taat dalam beribadah
- Memegang teguh moral dan etika agama dalam menjalankan tugas
- Mempunyai perikemanusiaan dan rasa kebangsaan yang memadai.
b. Mengenal secara mendalam peserta didik SD yang hendak dilayani. - Mengenal peserta didik sebagai deferences individual
- Memberikan perlakuan kepada peserta didik sesuai dengan kemampuannya
c. Menguasai bidang ilmu sumber bahan ajar mata pelajaran di SD. - Substansi dan metodologi bidang ilmu (disciplinary content knowledge)
- Pengemasan bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum SD (pedagogical content knowledge)
d. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. - Perancangan program pembelajaran berdasarkan serentetan keputusan situasional
- Implementasi program pembelajaran termasuk penyesuaian sambil ja-lan (mid-course adjustments) berdasarkan on-going transactional desicians berhubung dengan reaksi unik (ideosyncratic response) dari peserta didik terhadap tindakan guru.
- Mengakses proses dan hasil pembelajaran
- Menggunakan hasil asesmen proses dan hasil pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara berkelanjutan yang merujuk pada tercapainya tujuan pendidikan sebagai rujukan normatif.
e. Tanggung jawab dan etika profesional pendidik. - Memahami dan mengimplementasikan etika profesional pendidik
- Bertanggung jawab terhadap profesi pendidik
C. KOMPETENSI PENDUKUNG
a. Mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan. - Mampu melakukan penelitian yang berorientasi pada peningkatan pro-ses belajar mengajar
- Mampu meningkatkan profesi diri melalui penelitian ilmiah dan seminar-seminar
b. Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang urgensi pendidikan dasar. - Dapat memberikan informasi secara efektif kepada masyarakat tentang pendidikan dasar
- Mampu menimbulkan minat masyarakat untuk peduli pada dunia pendidikan dasar.
C. KOMPETENSI YANG LAIN
Berperan serta dalam suatu tim yang bersifat multidisiplin.a. Mampu menyesuaikan diri dan mengaplikasikan ilmu dalam multi-disiplinb. Mempunyai jiwa kebersamaan yang tinggi.Profil, Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Profil Lulusan Program Studi PGSD
- Lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian yang ditunjukkan dengan prilaku guru sekolah dasar yang mengutamakan nilai-nilai disiplin, arif, bijaksana, hidup sehat dan bugar.
- Lulusan yang mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran di sekolah dasar yang mengacu pada pencapaian tujuan belajar baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
- Lulusan yang menguasai materi pembelajaran, metodologi pembelajaran dan dapat merancang media pembelajaran yang interaktif yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran operasional konkrit di tingkat sekolah dasar.
- Lulusan yang menguasai ilmu mendidik sehingga dapat menerapkan didaktik-metodik dalam menumbuhkembangkan peserta didik di tingkat sekolah dasar.
- Lulusan yang mampu mengembangkan bidang keilmuannya melalui penelitian tindakan kelas berbasis pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK, berwawasan global, kreatif, dan inovatif.
- Lulusan yang mampu berkomunikasi empatik dan berjiwa kewirausahaan serta memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat sekolah dasar.
Profil lulusan di atas mengacu pada Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD/MI yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Profesi dan Karir Lulusan Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar yang mengaktifkan siswa dengan kegiatan yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan lima mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta mampu mengembangkan mata pelajaran pendukung lainnya.
| Mata Kuliah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | * = Mata Kuliah Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Aritmatika | 2 | | Bahasa Indonesia | 3 | | Bahasa Inggris | 2 | | Bimbingan dan Konseling | 2 | | Dasar Dan Pengembangan Kurikulum | 2 | | Etika dan Profesi Pendidikan | 2 | | Evaluasi Pembelajaran | 2 | | Geometri dan Pengukuran | 2 | | Ilmu Alam Dasar (IAD) | 3 | | Ilmu Pendidikan | 2 | | Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) | 3 | | Inovasi Pembelajaran | 2 | | Inovasi Pendidikan | 2 | | Kajian Kurikulum dan Sastra Indonesia | 2 | | Kajian Kurikulum PKn | 2 | | Kemampuan Barbahasa dan Bersastra | 2 | | Kemuhammadiyahan | 2 | | Kepemipinan Pendidikan | 2 | | Komputer | 2 | | Konsep Dasar IPA | 3 | | Konsep Dasar IPS | 3 | | Konsep Dasar PKn | 3 | | Landasan Pendidikan | 2 | | Manajemen Kelas | 2 | | Manajemen Pendidikan | 2 | | Media Pembelajaran dan ICT | 3 | | Micro Teaching | 2 | | Pembelajaran Aritmatika | 2 | | Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia | 2 | | Pembelajaran Geometri dan Pengukuran | 3 | | Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika | 2 | | Pembelajaran Terpadu | 2 | | Pendidikan Anak Berkutuhan Khusus | 2 | | Pendidikan Anak Luar Biasa | 2 | | Pendidikan IPA | 2 | | Pendidikan IPS | 2 | | Pendidikan Jasmanai dan Kesehatan Anak | 2 | | Pendidikan Kebuadayaan Daerah | 2 | | Pendidikan Kepramukaan | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pendidikan Seni Musik | 2 | | Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan | 2 | | Pendidikan seni Tari dan Drama | 2 | | Penelitian Pendidikan | 2 | | Penelitian Tindakan Kelas | 2 | | Pengantar Dasar Matematika | 3 | | Pengembangan Konsep Dasar IPA | 3 | | Pengembangan Pembelajaran IPS | 2 | | Pengembangan Pendidikian IPA | 2 | | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | | Perencanaan Pembelajaran | 2 | | Perkembangan Peserta Didik | 2 | | Psikologi Pendidikan | 2 | | Psikologi Perkembangan | 2 | | Psikologi Umum | 2 | | Real Teaching (PPL) | 4 | | Statistika | 3 | | Strategi Belajar Mengajar | 2 | | Studi Islam I | 2 | | Studi Islam II | 2 | | Studi Islam III | 2 | | Tugas Akhir Skripsi | 4 | | Pilihan Matematika : | | Pengembangan Materi Ajar Matematika * | 2 | | Work Shop Pembelajaran Matematika * | 2 | | Pilihan IPA (Biologi) : | | Pengembangan Bahan Ajar IPA * | 2 | | Inovasi Pembelajaran IPA * | 2 | | Pilihan Bhs. Indonesia : | | Pengembangan Materi Ajar Bhs. Indonesia * | 2 | | Manajemen Pembelajaran Bhs. Indonesia * | 2 | | Pilihan Bhs. Inggris : | | English for Young Leaners * | 2 | | Teaching English for Young Leaners * | 2 | | Pilihan IPS : | | Pengembangan SDM * | 2 | | Pengembangan Pembelajaran IPS * | 2 | | Pilihan PKn : | | Pengembangan Materi Ajar PKn * | 2 | | Work Shop Pembelajaran PKn * | 2 |
| |
|
|
| |
| |